Perdagangan Internasional
Dagang: pertukaran sukarela barang, jasa, aset, atau uang antara satu orang atau organisasi dan lain
Perdagangan internasional: perdagangan antara penduduk dua negara
Negara klasik Berbasis Teori Perdagangan terdiri dari :
- Merkantilisme
- Keuntungan Mutlak
- Keuntungan Komparatif
- Keuntungan Komparatif
- Keunggulan komparatif dengan Uang
- Relatif Faktor Wakaf
- Relatif Faktor Wakaf
Merkantilisme
· Kekayaan suatu negara diukur dengan kepemilikan emas dan perak
· Sebuah sasaran negara harus untuk memperbesar kepemilikan emas dan perak oleh :
- Mempromosikan ekspor
- Mempromosikan ekspor
- Mengecilkan impor
Merkantilisme modern
* Neomercantilists atau proteksionis :
Amerika Federasi Buruh-Kongres Organisasi Industri
* Neomercantilists atau proteksionis :
Amerika Federasi Buruh-Kongres Organisasi Industri
Tekstil produsen
Perusahaan baja
Gula petani
Gula petani
Kacang petani
* Kekurangan Merkantilisme
Membingungkan perolehan harta karun dengan akuisisi kekayaan
Membingungkan perolehan harta karun dengan akuisisi kekayaan
Melemahkan negara karena merampas kemampuan individu
Untuk perdagangan bebas
Untuk mendapatkan manfaat dari pertukaran sukarela
Untuk perdagangan bebas
Untuk mendapatkan manfaat dari pertukaran sukarela
* Keuntungan Mutlak
Ekspor barang dan jasa yang negara lebih produktif dibandingkan negara lain
Mengimpor barang dan jasa yang negara-negara lain yang lebih produktif daripada
* Keuntungan Komparatif
Memproduksi dan mengekspor barang-barang dan jasa yang relatif lebih produktif
Mengimpor barang dan jasa yang negara-negara lain yang lebih produktif daripada
* Keuntungan Komparatif
Memproduksi dan mengekspor barang-barang dan jasa yang relatif lebih produktif
Mengimpor barang dan jasa untuk negara-negara lain yang relatif lebih produktif
Perbedaan antara Keunggulan Komparatif dan Absolute :
Keunggulan komparatif menggabungkan konsep biaya kesempatan
Nilai apa yang diberikan sampai untuk mendapatkan yang baik
* Perusahaan modern Berbasis Teori Perdagangan :
Kesamaan Teori Negara
Produk Life Cycle Theory
Teori global Rivalitas Strategis
Porter Keunggulan Kompetitif Nasional
* Pertumbuhan Perusahaan Berbasis Teori
Tumbuh pentingnya perusahaan multinasional
Ketidakmampuan negara berbasis teori untuk menjelaskan dan memprediksi keberadaan dan pertumbuhan perdagangan intraindustry
Kegagalan Leontief dan orang lain untuk memvalidasi secara empiris berdasarkan negara Heckscher-Ohlin Teori
* Perusahaan Berbasis Teori Perdagangan
Memasukkan faktor tambahan ke penjelasan arus perdagangan
Kualitas
Teknologi
Nama merek
Pelanggan berkualitas
Kesamaan Teori Negara
Produk Life Cycle Theory
Teori global Rivalitas Strategis
Porter Keunggulan Kompetitif Nasional
* Pertumbuhan Perusahaan Berbasis Teori
Tumbuh pentingnya perusahaan multinasional
Ketidakmampuan negara berbasis teori untuk menjelaskan dan memprediksi keberadaan dan pertumbuhan perdagangan intraindustry
Kegagalan Leontief dan orang lain untuk memvalidasi secara empiris berdasarkan negara Heckscher-Ohlin Teori
* Perusahaan Berbasis Teori Perdagangan
Memasukkan faktor tambahan ke penjelasan arus perdagangan
Kualitas
Teknologi
Nama merek
Pelanggan berkualitas
* Produk Life Cycle Theory
Menjelaskan evolusi strategi pemasaran :
Tahapan
Menjelaskan evolusi strategi pemasaran :
Tahapan
Produk baru
Jatuh tempo produk
Standar produk
Teori global Rivalitas Strategis
Perusahaan berjuang untuk mengembangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan
Keuntungan menyediakan kemampuan untuk mendominasi pasar global
Fokus: keputusan strategis perusahaan digunakan untuk bersaing di tingkat internasional
Cara Mempertahankan Keunggulan Kompetitif :
Memiliki hak kekayaan intelektual
Investasi dalam penelitian dan pengembangan
Mencapai skala ekonomi atau lingkup
Memanfaatkan kurva pengalaman
Sukses dalam perdagangan berasal dari interaksi dari empat negara dan elemen spesifik perusahaan :
Faktor kondisi
Permintaan kondisi
Terkait dan industri pendukung
Perusahaan strategi, struktur, dan persaingan
Perusahaan berjuang untuk mengembangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan
Keuntungan menyediakan kemampuan untuk mendominasi pasar global
Fokus: keputusan strategis perusahaan digunakan untuk bersaing di tingkat internasional
Cara Mempertahankan Keunggulan Kompetitif :
Memiliki hak kekayaan intelektual
Investasi dalam penelitian dan pengembangan
Mencapai skala ekonomi atau lingkup
Memanfaatkan kurva pengalaman
Sukses dalam perdagangan berasal dari interaksi dari empat negara dan elemen spesifik perusahaan :
Faktor kondisi
Permintaan kondisi
Terkait dan industri pendukung
Perusahaan strategi, struktur, dan persaingan
Teori Investasi Internasional
1. Kepemilikan Keuntungan
Sebuah perusahaan memiliki aset berharga yang menciptakan keunggulan kompetitif di dalam negeri dapat menggunakan keuntungan itu untuk menembus pasar asing melalui FDI
2. Internalisasi
FDI adalah lebih mungkin terjadi ketika biaya transaksi dengan perusahaan kedua tinggi
Biaya transaksi: biaya yang terkait dengan negosiasi, pemantauan, dan menegakkan kontrak
3. Dunning Elektik Teori
FDI mencerminkan kegiatan bisnis internasional dan kegiatan bisnis internal perusahaan
3 kondisi untuk FDI :
Kepemilikan Keuntungan
Keuntungan Lokasi
Internalisasi keuntungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar